SOP

Isbat Nikah

Permohonan isbat nikah dapat di ajukan oleh suami isteri, atau salah satunya, anak, wali nikah, atau pihak lain yang berkepentingan yang ditujukan kepada Mahkamah Syar’iyah yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman pemohon. Pengajuan isbat nikah dapat diajukan bersama-sama dengan gugatan/permohonan perceraian.  Permohonan isbat nikah adalah termasuk perkara voluntair, tetapi jika salah seorang suami atau isteri meninggal dunia, maka permohonan perkara isbat ... Read More »

Gugatan Waris

Gugatan waris diajukan ke Mahkamah Syar’iyah Jantho oleh penggugat selaku ahli waris dan dapat pula  mengguganakan jasa pengacara/advokat atau kuasa insidentil. Jika menggunakan kuasa insidentil, terlebih dahulu harus mengajukan permohonan  kepada Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho untuk menjadi kuasa insidentil, kemudian Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho mengeluarkan surat izinnya. Pengajuan gugatan waris disertai dengan bukti  kematian pewaris dari Lurah/Kepala Desa dan silsilah ahli warisnya dan ... Read More »

Gugatan Harta Bersama

Pihak berperkara datang ke Mahkamah Syar’iyah Jantho dengan membawa surat gugatan harta bersama yang ditujukan kepada Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho. Penggugat membayar biaya perkara ke Bank yang jumlahnya sesuai dengan taksiran Meja I seperti tersebut dalam SKUM, kemudian menyerahkan surat gugatan yang disertai  bukti  slip pembayaran tersebut kepada petugas meja 1 untuk didaftarkan dalam buku register perkara.  Bagi Penggugat yang tidak ... Read More »

Cerai Talak

Mengajukan surat permohonan pemohon yang ditujukan kepada Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho, boleh dilakukan dengan tertulis maupun dengan lisan. Surat permohonan pemohon berisi identitas pemohon dan termohon meliputi nama, umur, pekerjaan dan tempat tinggal, Nomor yang dapat dihubungi, posita yaitu gambaran peristiwa hukum/fakta kejadian dan fakta hukum, kemudian petitum yaitu apa yang diminta pemohon,  berdasarkan posita. Permohonan penguasaan anak/hadhanah, nafkah anak, ... Read More »

Cerai Gugat

Penggugat mengajukan gugatan secara tertulis atau lisan ke Mahkamah Syar’iyah Jantho. Dalam surat gugatan berisi identitas Penggugat, meliputi nama, umur, pekerjaan dan tempat tinggal Penggugat, Nomor yang dapat dihubungi, kemudian posita yaitu fakta kejadian dan fakta hukum, dan petitum yaitu hal-hal yang dituntut penggugat berdasarkan posita. Gugatan penguasaan anak, nafkah anak, hadhanah, nafkah isteri dan harta bersama dapat diajukan bersama-sama ... Read More »