“Descente MS Jantho di tengah isu Covid 19 semakin mengganas”

0
134

jantho, 24 Maret 2020

Majelis Hakim Mahkamah Syar’iyah Jantho pada hari ini, Selasa tanggal 24 Maret 2020 kembali melaksanakan lanjutan sidang setempat (Descente) terhadap perkara Nomor 228/Pdt.G/Ms.Jth/2019 dengan lokasi objek yang berbeda.

Sidang pemeriksaan lapangan hari ini dilakukan terhadap objek perkara yang terletak di kawasan Gampong Bayu, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, dimana lokasi tersebut berada tidak jauh dari kaki Gunung Seulawah Dara yang merupakan ikon Kabupaten Aceh Besar.


Pelaksanaan descente hari ini dimulai pada pukul 11.30 wib, hal ini disebabkan Majelis Hakim harus menggelar persidangan terhadap perkara lainnya di Kantor Mahkamah Syar’iyah Jantho. Sehingga setelah selesai persidangan di Kantor, Majelis Hakim yang sama dengan dibantu oleh Panitera dan juru sita serta petugas ukur langsung berangkat menuju lokasi objek pemeriksaan.

 

Letak objek sengketa tersebut termasuk ke dalam wilayah zona merah pada saat Aceh dilanda konflik dahulu, sehingga untuk dapat memasuki ke wilayah ini tergolong sulit pada saat-saat kondisi keamanan Aceh masih mencekam akibat konflik tersebut.
Namun saat Majelis Hakim Mahkamah Syar’iyah Jantho melakukan descente hari ini ke wilyah tersebut, tampak suasana yang sangat berbeda, dimana aktifitas masyarakat tampak normal kembali, masyarakat tampak leluasa dan tanpa muncul rasa khawatir dalam menjalankan roda kehidupannya. Hal ini tampak jelas para petani sedang memanen hasil tanaman padinya dengan wajah penuh ceria meskipun terik matahari cukup menyengat. Meskipun di tengah situasi dan kondisi saat ini dimana masyarakat di luar sana sedang merasakan ketakutan dengan merebaknya penyakit yang disebabkan oleh virus corona (covid 19), namun seakan tidak tampak rasa khawatir di wajah penduduk yang baru menikmati masa damai setelah bertahun-tahun diliputi oleh rasa ketakutan yang ditimbulkan oleh konflik dimana letusan senjata api dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal waktu.
Kondisi keamanan yang demikian juga berimbas terhadap pelaksanaan descente pada hari ini, sehingga persidangan dapat berjalan lancar dan suskes dengan tanpa mengalami kendala berarti, walaupun di tengah isu Covid 19 semakin mencekam di kalangan masyarakat perkotaan nan jauh dari tempat ini. Semoga wabah ini cepat berlalu dan kita selalu berada di dalam lindungan Allah SWT.

 

 

# Aby.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here