DI TENGAH PANDEMI COVID-19, KETUA MAHKAMAH SYAR’IYAH JANTHO MELAKUKAN PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN HAKIM BARU

0
201

Jantho, 21 April 2020


Pada hari Selasa tanggal 21 April 2020, Heni Nurliana,S.Ag., M.H., Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho melakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan terhadap 4 (empat) orang hakim yang baru menyelesaikan magang dan telah dinyatakan lulus Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim pada Balitbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI. Meskipun dunia, tak terkecuali Indonesia, sedang dilanda Pandemi Virus Corona (Covid-19), namun proses pelantikan tetap harus dilaksanakan sesuai dengan petunjuk Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 1283/DjA/KP.04.6/4/2020 tanggal 9 April 2020, yang pada intinya agar seluruh Calon Hakim yang telah mendapat penempatan tersebut harus dilantik menjadi Hakim paling lambat tanggal 30 April 2020.
Acara yang bertempat di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar’iyah Jantho tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 yaitu dengan menerapkan social distancing (menjaga jarak), memakai masker dan sarung tangan serta membatasi jumlah pengunjung yang menghadiri proses pelantikan tersebut guna meminimalisir terkumpulnya massa dalam jumlah yang banyak.
Ke-empat Hakim yang diambil sumpah dan dilantik tersebut adalah Fadhlia, S.Sy, dan Putri Munawarah, S.Sy., sebelumnya sebagai Calon Hakim pada Mahkamah Syar’iyah Jantho, Murtadha, Lc, sebelumnya sebagai Calon Hakim pada Mahkamah Syar’iyah Idi dan Heti Kurnaini, S.Sy sebelumnya sebagai Calon Hakim pada Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren.
Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan shalawat badar. dilanjutkan dengan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, kemudian dibacakan Surat Keputusan dan pengambilan sumpah serta pelantikan oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho. Usai dilantik, semua hakim baru tersebut menandatangani berita acara pelantikan dan dilanjutkan dengan membacakan serta menandatangani Pakta Integritas.
Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho dalam kata sambutannya mengucapkan selamat kepada semua Hakim yang baru dilantik, Heni Nurliana mengharapkan kepada para Hakim yang baru tersebut agar dapat bekerjasama dengan seluruh jajaran aparatur Mahkamah Syar’iyah Jantho, supaya seluruh tugas-tugas dapat terlaksana dengan baik dan selesai tepat waktu termasuk program prioritas Badilag yang harus cepat ditindaklanjuti dan dilaksanakan, terlebih Mahkamah Syar’iyah Jantho telah ditunjuk sebagai salah satu satker yang menjadi pilot project pencanangan Zona Integritas. Beliau juga mengharapkan semoga kehadiran para hakim yang baru saja selesai ditempa di kawah candra dimuka selama lebih kurang 2 tahun ini agar dapat memberikan kontribusi positif demi kemajuan Mahkamah Syar’iyah Jantho, mengingat Mahkamah Syar’iyah Jantho sudah hampir 2 tahun lamanya kekurangan hakim, sehingga kehadiran para hakim muda ini sangat dinantikan guna memotivasi dan meningkatkan kinerja Mahkamah Syar’iyah Jantho menjadi lebih baik.
Di akhir sambutannya, Ibu yang memiliki 2 (dua) orang anak kembar ini untuk kedua kalinya dalam prosesi yang sama meminta pengertian semua pihak karena pelantikan saat ini berbeda dengan suasana pelantikan biasanya, untuk mencegah penyebaran virus corona yang sedang mewabah di negeri ini.
Rangkaian acara pelantikan ditutup dengan doa dan ucapan selamat, namun dengan tanpa berjabat tangan dan cipika-cipiki antara pejabat yang baru dilantik dengan hadirin yang mengukuti prosesi acara tersebut.
Meskipun pelantikan kali ini berlangsung dengan sederhana, namun terasa penuh hikmat, seraya semuanya memohon kepada Tuhan Yang sebaik-baik Penjaga, Allah SWt, senantiasa selalu menjaga kita dan keluarga kita semua dari virus yang sedang mewabah ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here